Lain Lain

January 1, 2020

Yuk, Rawat Pisau Victorinox Anda dengan Benar!

Berapa banyak pisau yang ada di rumah Anda? Bagaimana cara Anda merawat pisau di rumah? Berapa kali dalam sebulan Anda mengasah pisau? Kapan terakhir kali Anda membeli pisau? Ah, pertanyaan-pertanyaan tadi terasa seperti sedang menginterogasi, ya. Faktanya, untuk ibu rumah tangga, pisau menjadi perlengkapan perang di dapur yang tak boleh absen. Mulai dari mengiris, memotong, mencacah, hingga membuka kaleng, semuanya memerlukan bantuan pisau. Dilemma yang sering ditemui ibu rumah tangga selain pisau yang kadang suka raib entah ke mana adalah pisau yang cepat tumpul. Sebenarnya, apa sih yang menyebabkan pisau cepat tumpul? Salah satunya adalah perawatan yang salah.

Chef Dave Arnold, instruktur di L’Academie de Cuisine menyatakan, hal terpenting bukanlah jenis pisau yang digunakan, melainkan cara mengasah dan merawat yang benar. Bahkan pisau yang bagus dapat berpengaruh pada rasa dan cita masakan. Wah, ternyata urusan pisau ini cukup serius, ya. Berikut beberapa poin yang perlu Anda perhatikan dalam merawat pisau agar pisau yang Anda miliki awet selama bertahun-tahun.

  1. Membersihkan dengan tepat

Nyatanya, cara membersihkan pisau ini sangat berpengaruh pada panjang pendeknya usia pisau Anda. Meski terdengar sepele, sebainya Anda belajar cara membersihkan pisau dengan baik agar pisau awet. Bersihkan jangan menggunakan alat pencuci piring atau spon yang kasar. Jika tingkat kekotoran pisau tidak parah, Anda bisa membersihkan dengan menggunakan air hangat, sabun, dan tangan Anda. Segera keringkan pisau dengan cara dilap baru disimpan. Jangan biarkan pisau dalam keadaan basah sebab akan mengakibatkan pisau mudah berkarat.

  1. Pilih papan iris yang benar

Bahkan urusan memilih papan iris alias talenan juga penting untuk kebaikan pisau Anda. Hindari penggunaan papan yang memiliki permukaan kasar dan terbuat dari batu atau sejenisnya. Permukaan kasar dank eras bisa menyebabkan pisau gampang patah. Pilih papan iris berbahan kayu atau plastik dengan permukaan rata dan halus. Semakin besar papan iris atau talenan, semakin baik untuk pisau Anda.

  1. Tahu kapan harus mengasah pisau

Faktanya, ibu rumah tangga kebanyakan tidak benar-benar tahu kapan saat yang tepat untuk mengasah pisau. Padahal, pisau yang tajam sangat mudah digunakan untuk mengiris dan memotong sayuran dengan cepat juga efisien. Di lain sisi, pisau tumpul sangat rentan mengakibatkan kecelakaan di dapur.

Lalu, bagaimanakah cara kita tahu kapan pisau harus segera diasah. Chef Dave membagikan rahasianya. Gunakan tomat, paprika, wortel, dan lemon untuk mencari tahu apakah pisau sudah harus diasah atau belum. Kenyataannya, sebuah pisau yang tumpul akan menghasilkan potongan yang tidak beraturan. So, sudah paham bukan kapan harus mengasah?

  1. Mengasah pisau dengan benar

Tantangan selanjutnya adalah mengasah pisau dengan benar. Meski terlihat mudah, mengasah pisau bukanlah sesuatu yang bisa dikerjakan asal-asalan. Cara mengasah pisau yang benar adalah dengan menggerakan ujung pisau pada sudut 20 derajat, lakukan dalam gerakan ringan saja. Selanjutnya asahlah pisau sebanyak tiga kali pengulangan pada setiap sisi .

  1. Pahami fungsi dan cara kerja pisau

Pada dasarnya, setiap pisau memiliki fungsi dan cara kerja masing-masing. Anda harus mengetahu fungsi dan cara kerja pisau agar bisa maksimal menggunakannya. Ingatlah untuk menggunakan pisau sesuai peruntukkannya. Pisau daging untuk memotong daging, pisau sayuran untuk mengiris sayuran, dan seterusnya. Usahakan tidak mencampurbaurkan penggunaan pisau karena bisa menyebabkan kerusakan.

Itulah beberapa tips mudah merawat pisau Victorinox yang Anda miliki di rumah. Lengkapi koleksi pisau Victorinox Anda dengan mengunjungi Blibli.com dan dapatkan penawaran harga terbaik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *