Lain Lain

September 19, 2018

Ulasan Seputar Bubur Bayi Organik Vs Instan untuk Si Kecil yang Perlu Diketahui

Image result for bubur bayi

Sebagai masyarakat Indonesia terutama untuk ibu-ibu yang telah memiliki anak, pastinya sangat familiar dengan bubur bayi instan yang dijual di berbagai super market dengan berbagai merk dagang. Dari yang mahal hingga yang terjangkau, dengan kemasan besar atau box hingga sachet bisa Anda temukan sebagai solusi makanan pendamping Asi untuk si kecil. Namun kini, penggunaan bubur bayi instan tersebut menjadi lebih berkurang karena adanya pengetahuan mengenai lebih sehatnya membuat bubur bayi olahan sendiri dengan bahan-bahan organik. Hal ini juga mendasari mulai bermunculannya para pembuat bubur bayi organik yang segar dan dapat langsung dikonsumsi oleh si kecil.

Salah satu point yang memberikan nilai negatif untuk bubur instan ada pada penggunaan bahan pengawet sehingga bubur tersebut bisa digunakan lama setelah waktu produksinya. Namun sebagaimana yang dijelaskan oleh https://www.guesehat.com/mpasi-instan-vs-rumahan ada juga bubur bayi instan yang tak menggunakan bahan pengawet karena sudah melalui tahap pembuatan yang higienis sehingga bisa tahan lama. Selain itu ada beberapa bayi yang memiliki alergi terhadap salah satu komposisi bubur bayi instan sehingga ibu perlu melihat lebih jeli apabila memberikan merk atau rasa tertentu pertama kali pada bayi.

Lalu bagaimana dengan bubur bayi organik? seperti namanya, bubur bayi ini dibuat sendiri dengan bahan-bahan organik yang bebas dari bahan kimia seperti pestisida ataupun bumbu. Dapat dibuat sendiri di rumah untuk memastikan keorganikannya dengan pasti. Dengan kandungan bahan makanan yang tepat, bubur organik ini bisa menjadi sumber nutrisi yang baik dan sehat untuk si kecil. Namun jika ibu tak memiliki pengetahuan untuk menghitung kadar nutrisi yang digunakan, maka bisa jadi bayi justru mengalami obesitas atau defisiensi salah satu zat makanan karena kurang bervariasinya bahan yang digunakan.

Membuat MPASI organik yang benar adalah dengan memperhitungkan kandungan nutrisi yang ada dalam bahan makanan sehingga bayi mendapatkan semua nutrisinya dalam jumlah tepat. Selain itu cara pengolahan yang benar dan bersih akan memberikan pengaruh pada kesehatan bayi termasuk tekstur makanan untuk mencegah bayi tersedak saat makan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *