Kesehatan

February 20, 2020

Obat Kutil Kelamin Serta Cara Mencegah dan Pengobatannya

Kutil kelamin merupakan gejala yang muncul sebagai penyakit menular seksual. Kutil kelamin dapat disebabkan oleh HPV 6 maupun 11 dan membentuk benjolan kecil berwarna merah yang bergerombolan seperti kembang kol. Semakin lama tanpa obat kutil kelamin  akan menyebabkan rasa gatal dan membuat benjolan bertambah besar.

Berikut adalah cara mencegah kutil pada kelamin diantaranya:

  • Tidak melakukan hubungan intim dengan penderita penyakit kelamin.
  • Melakukan vaksin HPV, dianjurkan kepada setiap orang untuk usia 9 hingga 45 tahun yang dapat melindungi tubuh dari infeksi HPV sebagai penyebab terjadi kutil dan kanker serviks.
  • Gunakan pengaman jika melakukan hubungan intim, hal ini untuk mencegah timbulnya kutil dan HPV dapat menginfeksi area intim jika tidak dilindungi dengan alat namun biasanya menggunakan suntik implan tidak dapat mencegah penularannya.
  • Melakukan tes kesehatan, bersama dengan pasangan untuk ujia kesehatan yang berkaitan dengan gangguan sebaiknya melakukan pembicaraan terlebih dahulu supaya tidak terjadi miskomunikasi.
  • Sebaiknya tidak berganti pasangan dimana meningkatkan proses penyebaran dan penularan virus dimana sering berganti pasangan ketika berhubungan seksual.

Tes pap smear merupakan salah pemeriksaan panggung yang dilakukan secara teratur dengan pemeriksaan panggul dan membantu mendeteksi perubahan pada miss V serta rahim yang mengakibatkan kutil serta mendeteksi terjadinya kanker rahim. Spekulum dimungkinkan untuk membuka bagian miss V lalu menempelkannya pada sel rahim untuk diteliti. Tes HPV untuk dapat menyembuhkan keganasan kutil namun tidak semuanya kutil dapat berubah kanker rahim, tes ini dilakukan untuk usia wanita 20 tahun yang lebih tua dan menyerang sistem imun tubuh untuk usia muda.

Kutil dapat disebabkan oleh area lembab atau mudah basah sebagai tempat aman untuk virus berkembang terutama jika mempunyai kelenjar keringat yang sedikit pada bagian vital. Kutil ini tidak dapat diremehkan karena akan memperparah kondisi dan biasanya berpotensi untuk penderita kencing manis karena membuat perkembangan mikrooganisme pada organ vital, mengalami stres sehingga penyebab keringat sering keluar dan kekebalan tubuh yang menurun. Kutil ini terjadi dengan melakukan kontak fisik ketika melakukan hubungan intim. Faktor resiko semakin tinggi ketika melakukan penetrasi seks, anal seks, alat seks mainan dan oral seks. Kutil dapat menyebabkan kanker rahim, kanker penis, kanker mulut maupun kanker anus serta memberikan infeksi ketika sedang hamil terutama kutil sudah berukuran besar.

Berikut adalah pengobatan untuk kutil diantaranya:

  • Obat oles dengan kandungan imiqumoid untuk meningkatkan kemampuan tubuh melawan virus selama 16 minggu, sinechatechin untuk salep bagian luar sekitar anus, podofilin untuk menghancurkan jaringan kutil.
  • Operasi dengan cryotherapy untuk membekukan bagian kutil menggunakan cairan nitrogen, elektrokauter dengan prosedur arus listrik untuk membakar kutil pada kelamin, eksisi bedah yang membutuhkan alat untuk memotong kutil dengan menggunakan anesteri lalu menjahit luka kulit yang mengalami infeksi dan menggunakan laser untuk menghilangkan dan membakar kutil terutama untuk kutil yang berukuran besar serta sulit dijangkau dan digunakan sebagai pilihan terakhir.

Obat kutil kelamin secara alami dapat menggunakan tea tree oil dengan kandungan antijamur yang menekan pertumbuhan virus dan memberikan sensasi panas sehingga larutkan bersama dengan minyak zaitun. Bawang putih untuk menekan penyebaran virus HPV dengan menghancurkan bawang putih lalu mengoleskannya pada kutil selama 30 menit lalu membilasnya menggunakan air bersih. Dapat juga menggunakan lidah buaya dengan mengambil ekstraknya lalu menggunakannya selama dua kali dalam sehari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *