Wisata

December 30, 2020

Air Mancur Menari Jembatan Kenjeran Suroboyo

Salah satu tempat wisata baru yang terkenal di Surabaya, Air Mancur Menari Jembatan Kenjeran Suroboyo! Baru diresmikan pada Sabtu, 9 Juli 2016 oleh Wali Kota Surabaya, Ibu Tri Rismaharini, seusai pesta Idul Fitri. Menurut tim travel Jember Surabaya selain jembatan Kenjeran Suroboyo yang menghubungkan jarak antara jalur MERR dan jalan Laguna Surabaya dengan taman hiburan Pantai Kenjeran Lama (THP) terdekat, yang menarik dari jembatan ini adalah air mancur tari dan musik yang sebelumnya mungkin hanya berupa terlihat di berbagai tempat wisata ikonik di luar negeri.

Tak mau kalah dari mancanegara, Air Mancur Menari Jembatan Kenjeran Suroboyo akan menari sepanjang hari, menampilkan berbagai macam tarian air mancur yang berbeda dengan lampu warna-warni yang akan berubah setiap saat. Air mancur menari ini juga diiringi lagu-lagu dari Surabaya dan Jembatan Merah. Sayangnya pertunjukan air mancur menari untuk sementara tidak tersedia, hanya sekitar 1 jam pada hari sabtu (minggu sore).

Ketahui selengkapnya di detik.com: Program Dancing Fountain Show akan diadakan setiap Sabtu malam dengan durasi 60 menit mulai pukul 20.00 WIB – 21.00 WIB.

Jembatan Kenoberan Suroboyo didesain melengkung hampir menyerupai lengkungan. Jembatan ini akan membelah pantai Kenjeran, tepatnya akan menghubungkan jalan Pantai Ria Kenjeran, Lokasi Kenjeran Baru (Kenpark / Kenjeran Park) dengan jalan Pantai Kenjeran Lama, yang merupakan lokasi Pantai Hiburan Pantai (THP) di Kenjeran Lama. Oleh karena itu, jika anda datang dari arah MERR menuju jalan Kenjeran kemudian berbelok ke jalan Pantai Ria Kenjeran, anda akan dapat terhubung langsung melalui jembatan Kenjeran Suroboyo menuju jalan Pantai Kenjeran Lama.

Selain itu, Jembatan Suroboyo Kenjeran kedepannya akan memberikan akses Jalan Lingkar Luar Surabaya (JLLT) dari Jembatan Suramadu menuju Bandara Juanda dan sebaliknya.

Dengan adanya Jembatan Kenjeran Suroboyo maka kawasan Pantai Hiburan Pantai (THP) di Kenjeran Lama dan juga Pusat Ikan Bulak (SIB) yang dekat dengan THP akan semakin semarak dan mudah dijangkau, sehingga wisata di Kenjeran dan sekitarnya bisa lebih berkembang.

Lokasi Jembatan Pemancingan Kenjeran Suroboyo

Lokasi air mancur menari Kenjeran Suroboyo berada di jalan Kenjeran Lama, dimana dengan jembatan Kenjeran Suroboyo akan langsung ditembus melalui jalan pantai Ria Kenjeran. Lokasi Air Mancur Menari berada di ujung jembatan sebelah jembatan penyeberangan, yang terletak tepat di Beach Amusement Park (THP) sebelah Kenjeran Lama yang bisa dituju dengan menggunakan jasa travel Jember Surabaya.

Selain Taman Hiburan Pantai, pengunjung THP juga bisa menikmati aneka hidangan dan oleh-oleh khas Surabaya dan Kenjeran di Taman Hiburan Pantai (THP), atau tidak jauh dari THP juga terdapat Bulak Fish Center (SIB). Jika taman dengan patung ikonik Suro & Boyo di depan Pusat Ikan Bulak (SIB) yang menghadap ke laut ini sudah selesai dibangun, jelas SIB bisa menjadi salah satu pelengkap wisata yang terdapat tidak jauh dari Taman Hiburan Pantai Kenjeran.

Balai Ikan Bulak (SIB) dengan rencana pembangunan Taman Pantai Suro dan Boyo yang ikonik sebenarnya cukup menarik untuk dikunjungi, sayangnya masih sepi dan kondisi bangunannya sendiri belum terawat dengan baik. Modifikasi kecil-kecilan yang dilakukan oleh pemerintah kota Surabaya akan membuat Pusat Ikan Bulak semakin menarik dan diharapkan dapat lebih banyak dikunjungi wisatawan. Sebuah posting terpisah akan diterbitkan nanti di Pusat Ikan Pucat ini.

Salah satu pintu masuk jembatan Kenjeran Suroboyo adalah melalui Pantai Hiburan Pantai (THP) di sebelah kiri jembatan atau pintu masuk pantai Kenjeran Lama di sebelah kanan. Jembatan Kenjeran terletak di tengah, dengan platform pejalan kaki dengan elevator di kanan dan kiri untuk penyandang cacat. Dari atas platform penyeberangan di THP kita bisa melihat pemandangan Selat Madura. Sangat cocok untuk para fotografer, terutama anda yang menyukai pemandangan matahari terbenam (sunset) dan matahari terbit (sunrise).

Diharapkan dengan adanya ikon baru destinasi wisata Surabaya ini, gambaran pantai Kenjeran yang dulunya turun dapat terangkat dan menjadi tujuan wisata utama para wisatawan yang menuju kota Surabaya. Setiap sisi pantai Kenjeran akan memiliki daya tarik tersendiri, baik itu Pantai Kenpark atau Kenjeran Baru, atau pantai Kenjeran Lama yang sekarang dikenal dengan Pantai Taman Hiburan (THP), dengan air mancur menari Jembatan Kenjeran Suroboyo.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *